Seting Email pada OpenCart dapat menjadi hal yang rumit pada beberapa konfigurasi server hosting. Pada tutorial kali ini kami akan berbagi mengenai seting email pada OpenCart dan troubleshoot terhadap beberapa error yang terjadi saat seting email.

Baik menggunakan protokol mail atau SMTP, SSL atau non SSL.

Mailer sistem merupakan suatu yang krusial dalam sebuah sistem ecommerce, karena melalui media inilah komunikasi dengan customer dilakukan. Baik untuk notifikasi registrasi, mengirimkan email order, update status order, dll. Apalagi dalam sistem ecommerce seperti OpenCart.

Masalah umum yang dihadapi saat mengalami seting email yang salah adalah:
Tidak ada email terkirim saat registrasi, checkout, update status order, dll.
Error pada halaman yang membutuhkan pengiriman email, seperti halaman register dan checkout.

Intro – Seting Email OpenCart

Selama karir kami di OpenCart seting mail biasanya menjadi sedikit rumit karena konfigurasi server hosting. Pada beberapa server hosting tidak mengizinkan penggunaan protokol mail() dalam layanan pengiriman email.

Secara default seting email di OpenCart menggunakan PHP mail(). Dimana fungsi mail() ini akan menggunakan web server local yang ada pada server hosting. Sebagai berikut:

seting default email pada OpenCart

seting default email pada OpenCart

Secara umum Anda bisa menggunakan seting ini. Hanya ada beberapa kendala:

  1. Jika server hosting menonaktifkan fungsi mail() pada PHP, praktis email tidak akan terkirim.
  2. Jika server hosting menginzinkan penggunaakn mail(), maka tipicalnya email akan terkirim dengan baik. Hanya ada kemungkinan masuk spam pada beberapa mail server tujuan.

Lalu, bagaimana mengatasinya?

Seting Email dengan SMTP pada OpenCart

Ini adalah alternatif solusinya. Gunakan SMTP sebagai protokol pengiriman email. Ikuti langkah berikut untuk seting protokol email ini pada OpenCart.

1. Buat email domain

Email domain adalah alamat email yang menggunakan web hosting Anda sebagai server. Misal admin@domain_anda.com.

Login ke Panel hosting Anda, dan buat email baru. Catat baik-baik alamat email dan password yang Anda buat. Kira seperti berikut jika Anda membuatnya via Cpanel.

membuat email domain via CPanel

membuat email domain via CPanel

Setelahnya, lihat konfigurasi SMTP pada server. Caranya:

lihat seting smtp pada server

lihat seting smtp pada server

Kemungkinan seting pada server hosting Anda berbeda. Khusus pada server kami yang menggunakan layanan Niagahoster:

seting smtp server

seting smtp server

Perhatikan pada bagian outgoing server. Terdapat informasi hostname dan SMTP Port.

2. Tab Mail

Akses System → Setting. Edit store. Dan akses Tab Mail.

3. Seting SMTP Mail OpenCart


Saatnya setup mail SMTP:
Mail Engine, pilih SMTP

  • Mail Parameters, gunakan: -f{alamat_email}. Contoh: -fsupport@hpwebdesign.id
  • SMTP Hostname, lihat seting pada cpanel Anda. tambahkan ssl:// jika Anda menggunakan SSL.
  • SMTP Password, password email anda
  • SMTP Port, port sesuai seting di hosting Anda.
  • SMTP Timeout, biarkan default.

Kurang lebih Anda akan mendapatkan seting berikut.

Seting SMTP dengan SSL pada OpenCart

Seting SMTP dengan SSL pada OpenCart

Seting SMTP dengan non SSL pada OpenCart

Seting SMTP dengan non SSL pada OpenCart

4. Test seting Email Anda

Test konfigurasi email Anda dengan cara melakukan registrasi via halaman register. Anda juga langsung test order. Jika Anda mendapatkan email, maka setup Anda telah berhasil.

Demikian tutorial OpenCart kali ini tentang cara seting email pada OpenCart.

Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan terkait bahasan diatas.