Setting SEO URL pada OpenCart pada dasarnya merupakan hal yang amat sederhana. Hanya, jika kita tidak teliti dan hati-hati bisa jadi tidak berhasil sesuai ekspektasi. Karena ada beberapa hal lain yang juga berhubungan dengan SEO URL OpenCart dimana kita harus memperbaiki sistem seo url defaultnya agar bisa bekerja dengan baik.

Pada tutorial kali ini kami akan menyajikan langkah praktis dan komprehensif untuk setting SEO URL pada OpenCart. Tutorial kali ini sekaligus akan mengatasi halaman OpenCart yang belum SEO URL menjadi SEO Friendly. Tentunya dengan cara yang paling mudah dan telah teruji.

INTRO: SEO URL Friendly di OpenCart?

SEO URL sesuai namanya atau lebih tepatnya SEO Friendly URL, Search Engine Optimization Friendly URL (Universal Resource Locator). Merupakan tipe url yang mudah dibaca baik untuk user dan search engine.

Dengan setup SEO URL Friendly pada Toko Online OpenCart Anda maka secara praktis Anda telah meningkatkan trust customer.

Dan ini merupakan salah satu optimasi dasar dalam SEO, yakni dengan menyertakan target keyword pada URL halaman. Dimana hal ini tidak dapat dilakukan pada halaman yang tidak SEO URL.

Contoh, bandingkan 2 URL berikut:

dengan

Tidak perlu waktu lama untuk mengetahuinya, URL diatas adalah halaman registrasi OpenCart. Tentu URL kedua lebih baik dibandingkan yang pertama. Skema SEO URL ini dapat berpengaruh jika Anda menaruh platform blogging di OpenCart. Dan menyertakan target keyword pada SEO URL.

BATASAN

Kami akan menggunakan OpenCart versi 3.0.2.0 untuk artikel kali ini. Step tutorialnya bisa Anda praktikan juga ke versi OpenCart lain.

Langsung saja: untuk konfigurasi SEO URL di OpenCart silakan ikuti langkah berikut:

Langkah 1 – rename file .htaccess

File htaccess merupakan file yang digunakan oleh web server sebagai acuan bagaimana SEO URL dituliskan pada halaman. Secara default file ini sudah ada pada instalasi OpenCart, hanya harus direname terlebih dulu. Sila login ke CPanel Anda, buka file manager dan akses direktori public_html. Anda akan menemukan file htaccess.txt. Rename file tersebut menjadi: .htaccess (tanda titik di awal kata).

Rename file htaccess

Rename file htaccess

Jika Anda menggunakan SSL (https) pada web Anda. Anda perlu redirect semua akses ke http ke https. Caranya, sila simak artikel tentang: Cara Redirect http ke https pada OpenCart.

Langkah 2 – Aktivasi SEO URL OpenCart

Terdapat setting di OpenCart apakah Anda mengaktifkan SEO Friendly URL pada halaman OpenCart atau tidak.

Untuk mengaktifkan SEO URL pada OpenCart:
1. Akses: System →  Settings.
2. Edit store.
3. Akses tab Server dan pilih YES untuk SEO URL.

Pemilihan YES di tab ini akan memasikan semua halaman konten di OpenCart menggunakan seo keywords yang telah disetting sebelumnya. Seperti konten products, categories, information, manufacturer, dll.

Mengaktifkan SEO URL OpenCart

Mengaktifkan SEO URL OpenCart

Langkah 3 – Patch SEO URL default OpenCart

Secara default OpenCart tidak menyediakan halaman SEO Friendly di halaman selain content, seperti halaman registrasi: index.php?route=account/register, halaman akun dan banyak lagi halaman lain di halaman depan. Tentu jika dibiarkan akan memberikan efek buruk bagi toko online. Karena selain tidak SEO Friendly juga memberikan kesan tidak profesional kepada customer.

Untuk memperbaiki masalah SEO URL diatas, harus dilakukan patch terhadap sistem seo url default OpenCart. Khusus OpenCart 3, sila download dan install item berikut:

Base Theme Modification OpenCart.

  1. Download
  2. Install via extension Installer
  3. Refresh Modifikasi

Langkah 4 – Tambah SEO URL untuk Halaman Non-Content

Pada platform OpenCart SEO URL telah ada untuk halaman produk, kategori, information dan manufaturer. Terdapat kolom SEO dimana Anda bisa memasukkan SEO URL untuk kontent tersebut.

Menambahkan seo url pada kategori produk

Menambahkan seo url pada kategori produk

Selain halaman tersebut, maka harus ditambahkan secara manual. Akses: Design → SEO URL. Klik tombol biru kanan atas.

Akses halaman design seo url

Akses halaman design seo url

Pada artikel kali ini akan dicontohkan untuk membuat halaman registrasi Toko Online OpenCart Anda menjadi SEO Friendly.

Tambahkan SEO URL dengan cara berikut:

  • Input route value pada Query
  • Masukkan keyword yang diinginkan
  • Pilih store, jika Anda menggunakan multistore.
  • Pilih language, jika Anda menggunakan multilanguage.

Jika Anda menggunakan multistore dan atau multilanguage, maka tambahkan kembali untuk store/bahasa tersebut. Misal Anda menggunakan bahasa Indonesia / English. Maka, tambahkan SEO URL untuk kedua bahasa tersebut.

Menambahkan seo url opencart

Menambahkan seo url opencart

Cek, apakah Anda sudah menambahkannya dengan benar.

Cek Penambahan SEO URL

Cek Penambahan SEO URL

Lalu cek aksi nyatanya:

Akses halaman seo url

Akses halaman SEO URL

Jika Anda klik pada link Daftar diatas, Anda akan melihat SEO URL sesuai keyword yang Anda tambahkan.

Step Lanjutan Setelah Setting SEO URL?

Anda bisa melanjutkan ke seri tutorial berikutnya, yaitu: Redirect dari HTTP ke HTTPS. Penting untuk Anda yang peduli dengan SEO.

Jika Anda menginginkan konfigurasi OpenCart yang terbaik untuk online store Anda, Anda bisa ke Jasa OpenCart Profesional yang akan mengkonfigurasi semua aspek teknis OpenCart agar perform well, menghindari error yang tidak seharusnya terjadi dan konversi yang lebih maksimal.

Nah!. Demikian artikel singkat dari kami tentang cara setting SEO URL pada OpenCart. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan terkait bahasan diatas.