Menu
Your Cart
Website CMS Open Source dan Komersial

Website CMS Open Source dan Komersial

Website CMS Open Source dan Komersial

Keputusan untuk menggunakan CMS atau tidak sepenuhnya merupakan pertimbangan calon pengguna. Hal ini tentunya didasarkan pada manfaat teknis dari penggunan CMS. Jika kita mencarinya di internet tersedia beberapa platform CMS baik yang gratis maupun komersial yang dapat dimanfaatkan untuk website Anda.

Pengertian CMS

CMS kependekan dari Content Management System. Seperti namanya, konten memiliki managemen tertentu sehingga memungkinkan pengguna untuk mengatur konten melalui halaman khusus. Salah satu hal terpenting dari CMS adalah tidak diperlukan pengetahuan lanjut untuk melakukan managemen konten. Semua telah ditangani oleh sistem dan pengguna tinggal menjalankannya.

Keuntungan menggunakan website CMS dari pada website yang statis adalah:

  • Mudah dan cepat dalam managemen konten, seperti menambahkan, mengedit, dan menghapus.

  • Terdapat mekanisme akses kontrol bagi berbagai tingkatan pengguna. Anda dapat memberlakukan skema tingkatan pengguna, seperti author, editor, publisher, dsb.

  • Konsistensi dalam desain. Karena website CMS biasanya didesain dengan template tertentu dimana template ini terpisah dari sistem utama yang menangani database konten.


CMS Open Source


CMS Open source merupakan website CMS yang dikembangkan oleh komunitas tertentu yang biasanya dibantu oleh banyak orang di seluruh dunia untuk dikembangkan lebih lanjut. Lisensi dari website CMS yang dihasilkan ini memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk melakukan modifikasi. Namun tetap harus mencantumkan lisensi yang sama dengan lisensi aslinya.

Website CMS open source dapat digunakan untuk keperluan komersial. Seseorang dapat menghasilkan uang dari menjual jasa instalasi, kustomisasi template, atau penambahan fitur yang belum ada di website CMS yang asli. Namun ia tidak dibenarkan mengambil biaya dari sistem CMS itu sendiri karena pada dasarnya sistem website CMS disebarkan secara gratis.

CMS Open source sering kali menawarkan flesibilitas dalam fiturnya. Karena sekali lagi website CMS open source dikembangkan oleh banyak orang. Penambahan fitur ini dapat dilakukan secara gratis maupun berbayar tergantung dari fitur yang Anda inginkan.

Secara umum keuntungan membuat website dengan CMS open source dapat dirangkum dalam point berikut:

  • Website CMS Open Source proses instalasi lebih cepat dibandingkan Website CMS komersial karena dapat ditangani sendiri.

  • Kebutuhan domain dan hosting dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

  • Banyak support pada forum atau komunitas yang membuat website CMS tersebut.

  • Website CMS Open Source adalah gratis sehingga tidak diperlukan biaya ekstra untuk membeli sistem website CMS.

  • Dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.

  • Biaya Domain dan Hosting relatif lebih murah. Karena biasanya website CMS Open Source dibangun dengan PHP atau JAVA sehingga dapat dihosting di sistem UNIX/LINUX yang juga merupakan open source. Berbeda dengan website komersial yang sering kali dibuat dengan ASP yang harus di hosting di server Microsoft dimana penyedia hosting harus membayar lisensi kepada Microsoft.

Dengan segala keuntungan penggunan website CMS Open Source diatas, tentu masih menyisakan kekurangan, yakni:

  • Sistem keamanan website CMS Open Source lebih rendah dari pada website CMS komersial. Karena website CMS Open Source kodenya terbuka untuk siapa saja sehingga lebih rentan dengan isu keamanan.

  • Kesulitan untuk melakukan kustomisasi bagi mereka yang awam tentang dunia pemprograman. Butuh tenaga ekstra untuk mengelola website CMS. Terutama saat pembuatan websitenya. Dan tidak semua orang dapat melakukan kostomisasi dengan mudah. Sehingga mengharuskan Anda memanggil ahlinya, :).

Contoh software CMS komersial adalah WordPress, Joomla, Drupal, Open Cart, dll.

CMS Komersial


Perbedaan yang sangat signifikan dengan website CMS Open Source adalah CMS Komersial dibuat oleh perusahaan tertentu yang hanya bisa didapatkan dengan babayar. Karena tujuan perusahaan mengembangkan CMS jenis ini adalah untuk meraih profit.

Jasa ini sering kali digunakan oleh perusahaan / instansi yang membutuhkan pelayanan yang premium atas website mereka. Sehingga membutuhkan partner yang secara terus menerus mengelola website mereka dalam jangka panjang.

Keuntungan dari penggunaan website CMS komersial adalah sebagai berikut:

  • Support Teknis dan Garansi dari penyedia layanan website CMS komersial lebih baik. Karena Anda harus membayar untuk ini, :).

  • Sistem keamanan yang relatif lebih baik pada website CMS komersial. Karena kode di dalam sistem website CMS komersial hanya diketahui oleh pembuat sehingga lebih aman.

  • Website CMS komersial memudahan bagi client untuk mendapatkan kebutuhan yang mereka inginkan.

Dan kekurangannya adalah:

  • Waktu pembuatan website CMS Komersial relatif lebih lama daripada website CMS Open Source karena website CMS komersial sering kali dibuat berdasarkan pesanan.

  • Website CMS Komersial lebih mahal dibandingkan jika menggunakan website CMS Open Source. Karena perusahaan pembuat harus membuatnya dari awal.

  • Support teknis dikenai biaya tambahan pada website CMS komersial. Biasanya ini mulai berlaku ketika masa garansi habis.

Antara website CMS Open Source dan komersial salah satu akan lebih baik untuk satu kebutuhan namun tentu saja belum tentu untuk kebutuhan yang lain. Pada akhirnya keputusan untuk memilih website CMS open Source atau komersial tergantung dari kebutuhan dan kondisi budget Anda, :).

Tapi penulis bisa memberikan sediki saran tentang ini:

  • Jika Anda ingin belajar menggunakan website CMS, gunakan saja layanan gratis seperti idhostinger.comwordpress.com, atau blogspot.com. Ini melatih Anda untuk terbiasa dengan CMS.

  • Jika Anda ingin sedikit lebih serius, punya dana dan waktu untuk belajar Anda dapat menginstall sendiri CMS Open Source Anda dengan memesan domain dan hosting yang murah di Internet.

  • Jika Anda mempunyai dana lebih dan tidak sempat belajar atau takut tidak bisa tapi ingin tampilan website yang tidak biasa. Panggil saja ahlinya, kami misalnya, :). Banyak jasa pelayanan desain web yang ada di internet. Namun Anda harus cerdas memilih tentunya.

  • Jika Anda ingin sistem keamanan yang terjamin dan Anda mempunyai dana untuk itu, gunaakan saja jasa pembuatan website. Sekali lagi, kami dapat menjadi pilihan Anda. ????

HP Web Design

Dengan pengalaman menangani berbagai proyek web institusi dan komersial kami menawarkan jasa pembuatan website yang berkualitas, kompetitif, halal pro. Apa maksud dari halal pro?. Kami menjamin kehalalan dalam proses pembuatannya, meliputi sumber gambar, kode, tampilan, perangkat lunak yang digunakan, dll. Dengan seperti itu kami meyakini bahwa hal itu akan mendatangkan keberkahan dunia akhirat insya Allah. Dan kami mempercayainya, …

Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan kami untuk menanyakan segala sesuatunya.

Lihat: Toko Online OpenCart.

Comments (0)

    Leave Your Comment