Menu
Your Cart
Tutorial 11 – Cara Kerja Marketing dan Affiliate OpenCart

Tutorial 11 – Cara Kerja Marketing dan Affiliate OpenCart

Tutorial 11 – Cara Kerja Marketing dan Affiliate OpenCart

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang bagaimana cara menggunakan fitur Marketing dan Affiliate pada OpenCart. Salah manfaat dari fitur ini adalah dapat menaikan penjualan. Oke langsung saja kita mulai membahas dari bagaimana cara kerja Marketing.

Bagian menu Marketing pada menu admin OpenCart, memungkinkan untuk menambahkan dan melacak campaign yang Anda buat. Fitur tersebut dapat diakses melalui  Admin. Silakan akses menu:

Marketing > Marketing.


Memaksimalkan marketing pada opencart

Bagian pertama yang akan anda lihat bernama Marketing Tracking. Di halaman ini, anda dapat melacak dan mencari campaign yang telah Anda tambahkan. Untuk menambahkan campaign, dapat dengan klik tombol Add pada pojok kanan atas.

Maka anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti di bawah ini, bagian Campaign Name dan Campaign Description yang perlu diisi, untuk bagian lain abaikan saja.

  • Campaign Name : Diisi dengan nama campaign.
  • Campaign Description : Diisi dengan deskripsi dari campaign tersebut.
  • Tracking Code : Kode ini akan dibuat secara otomatis, tetapi Anda dapat mengeditnya. Kode ini digunakan untuk melakukan pelacakan campaign yang telah dilakukan. Cukup abaikan saja.

Setelah itu anda dapat menyalin link yang ada pada kolom Examples di atas, boleh yang atas atau yang bawah. Terakhir anda dapat membagikan seperti di sosial media atau menggunakan link tersebut sebagai iklan.

Setelah link disebarkan maka kita dapat melihat laporan yang ada, berapakali link tersebut diklik dan berapakali terdapat pelanggan yang order. Jumlah Orders dihitung berdasarkan setting Complete Order Status, untuk pengaturannya terdapat pada menu System > Setting > Tab Option.

Setelah selesai membahas bagaimana cara kerja Marketing pada OpenCart saat ini kami akan membahas bagaimana cara kerja Affiliate pada OpenCart.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar sebagai Affiliate, menu Affiliate dapat diakses pada footer, klik Affiliate.

Selanjutnya daftar sebagai Affiliate

Lengkapi form pendaftaran tersebut dan selesaikan pendaftaran

Jika sudah selesai mendaftar sebagai Affiliate, login sebagai Affiliate pada halaman tadi seperti ketika mendaftar sebagai Affiliate. Setelah itu masuk menu halaman Account akan ada menu My Affiliate Account.

Menu link affiliate tracking di opencart

Kita hanya akan fokus pada menu Custom Affiliate Tracking Code. Karena untuk menu Edit your affiliate information merupakan menu edit data pribadi tentang affiliate.

Ketika masuk menu Custom Affiliate Tracking Code maka akan mendapatkan tampilan seperti di atas.

  • Your Tracking Code : Kode Tracking untuk affiliate. Cukup abaikan saja.
  • Tracking Link Generator : Pilih produk yang akan dihasilkan linknya.
  • Tracking Link : Setelah memilih produk pada kolom Tracking Link Generator maka akan muncul sendiri link affiliate untuk produk tersebut.

Setelah itu, anda dapat menyebarkan link tersebut ke sosial media atau tempat lain.

Jika ada seseorang yang melakukan order produk melalui link tersebut maka pemilik link affiliate akan mendapatkan komisi. Untuk memberikan komisi dapat dengan cara membuka order info lalu pada kolom Option.

Klik tombol Add Comission seperti yang ditunjuk oleh anak panah, maka pemilik affiliate akan mendapat komisi dari penjualan produk tersebut. Dapat dilihat pada halaman Account menu My Affiliate Account > Your Transactions.

Lihat list komisi afiliasi di opencart

Maka akan ditampilkan komisi yang telah didapat dari link affiliate.

Hanya saja, untuk saat ini terkait pencairan dana dari Affiliate masih dilakukan manual dengan cara kontak admin.

Seperti itulah cara kerja Marketing dan Affiliate pada OpenCart semoga bermanfaat.

Comments (0)

    Leave Your Comment