Menu
Your Cart
Tutorial 7 – Menginstall Ekstensi pada Toko Online OpenCart

Tutorial 7 – Menginstall Ekstensi pada Toko Online OpenCart

Tutorial 7 – Menginstall Ekstensi pada Toko Online OpenCart

Menambahkan ekstensi OpenCart merupakan suatu hal yang wajib dalam pengembangan Toko Online OpenCart. Terutama jika Anda ingin melokalisasi / menyesuaikan toko online Anda sesusuai bisnis model yang Anda miliki.

Sebuah Ekstensi Perangkat Lunak yang kurang lebih artinya adalah sebuah program yang akan dipasangkan pada program inti ( disini program inti-nya adalah Opencart itu sendiri ) yang mempu untuk melakukan suatu hal. Biasanya Extensi itu sendiri memiliki sebuah instruksi yang berbeda, yang mana dalam program inti belum ada. Diantaranya dapat memberikan instruksi untuk menjalankannya.

Adapun di Opencart itu sendiri ada lebih kurang sekitar 13 tipe extensi pada opencart. yang mana setiap masing-masing tipe extensi memiliki perbedaan fungsi.

Advertising

Merupakan extensi opencart yang akan memberikan fitur-fitur untuk mengiklankan produk anda. Misalnya opsi default dari Extensi Advertising adalah “Google Shopping”.

Analytic

Merupakan extensi opencart yang akan memberikan fitur-fitur seputar analisa data pemirsa dapa web toko online opencart anda. Misalnya opsi default dari Extensi Analytic adalah “Google Analytic”.

Captchas

Ya, ini adalah salah satu extensi yang bersifat pengamanan terhadap toko online opencart milik anda. anda bisa memilih secara default terdaftar “Basic Captcha” dan “Google Captcha” yang akan selalu memantau setiap form, dan akan menghalangi paa pelaku spam untuk berbuat kejahatan di toko anda.

Dashboard

Extensi yang terdapat pada dashbord admin opencart. Misalnya, “People Online”, “World Map”,”Latest Order” dan masih banyak lagi.

Feeds

Ekstensi Umpan Produk memungkinkan Anda menyesuaikan cara Anda ingin produk-produk toko OpenCart Anda dilihat dan didaftarkan oleh mesin pencari seperti Google.

Anti-Fraud

Extensi Anti-Fraud dapat diakses di bawah Extensions> Anti-Fraud . Modul penanganan penipuan inti yang terlihat di bawah ini disertakan dengan paket OpenCart.

Menu

Modules

Modul Extensi adalah yang paling banyak dibutuhkan untuk melengkapi fungsi-fungsi toko online yang belum ada pada opencart atau untuk melakukan lokalisasi fungsi toko online yang dimiliki opencart.

Payments

Extensi Payments merupakan sebuah tipe extensi yang menangani segala macam tipe pembayaran yang akan anda sediakan dalam toko anda.

Reports

Extensi Reports merupakan kumpulan dari laporan-laporan yang telah direkap dalam setiap transaksi di opencart (Customer Report, Marketing Report, Sales Report, dan masih banyak lagi).

Shipping

Extensi Shipping adalah extensi yang mana menyediakan data pengirian yang akan anda gunakan dalam mengirim produk anda ke customer.

Themes

Extemsi themes adalah sebuah extensi yang akan berfungsi untuk mengubah tampilan toko anda. Ada banyak sekali themes yang beredar pada opencart marketplace baik itu yang gratis maupun yang berbayar.

Order Totals

Extemsi Order Total adalah sebuah extensi yang berfungsi untuk melalukan penambahan fee / biaya tambahan pada total order.

Untuk lebih lanjut kali ini kita akan melakukan setup untuk Extensi Sitemap dan Captchas pada Opencart.

Setting Google Sitemap untuk toko online Opencart.

  • Masuk ke Administrasi opencart.
  • Akses Halaman : Extension → Extension.
  • Pilih tipe Extension Feed.

  • Install extension Google Sitemaps ( tanda plus ).
  • Setelah Extensi terinstall klik tomboh edit disebelahnya ( tanpa pensil ).

  • Pilih Menu Sitemap.
  • Pada kolom isian “Add a new sitemap”  isikan “sitemap.xml” (tanpa tanda kutip).

  • Dan Selamat!, dan Toko online anda sudah terdaftarkan untuk pelacakan berdasarkan setiap alamat – alamat yg tersedia dalam sitemap.

Setting Google Captcha untuk kemanan form pada toko online opencart.

  • Masuk ke Administrasi opencart.
  • Akses : Extension → Extension.
  • Pilih tipe Extension Captchas.

  • Pilih Install “Google Captcha” ( tanda plus ).
  • Kemudian, Pilih edit extension ( tanpa pensil ).

  • Kemudian, silahkan anda menuju ke halaman Google Captcha dan mendaftarkan website anda terlebih dahulu.
  • Untuk mendaftarkan Google reCaptcha, anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu.
  • Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman ini. Pilih tanda “+”.

  • Setel google captcha seperti pada gambar dibawah ini.

  • Jika berhasil, Anda akan diberikan yang namanya “SITE KEY” dan “SECRET KEY”.

  • Setelah itu, kembali ke halaman edit Google Captaha Extension opencart lalu masukkan “SITE KEY” dan “SECRET KEY” pada Extension Google Captcha.

  • Selanjutnya simpan setting.
  • Selamat!, sekarang form yang ada pada toko opencart anda akan terlindungi dengan Google reCaptcha.

Kesimpulan

Setiap extensi opencart memiliki kurang lebih 13 tipe, dan setiap dari tipe itu sendiri memiliki kemampuan / kegunaan tersendiri yang dimana berfungi untuk menlengkapi fungsionalitas dasar opencart. Google Feed Sitemap  dapat berfungsi sebagai peningkat SEO (Search Engine Optimation) yang memnyebabkan web yang kita miliki mudah dikenal oleh mesin penelusur seperti Google. Serta jika kita mengaktifkan fitur Google Captcha dapat berfungsi sebagai proteksi dari ancaman luar seperti content spamming. Dengan adanya google captcha akan memferifikasi bahwa yang mengirim form itu benar-benar manusia.

Sekian, Semoga tutorial kali ini semoga bermanfaat dan juga dapat memberikan sedikit pemahaman tentang extensi opencart.


Leave Your Comment