Menu
Your Cart
Mengatasi Error FTP saat Upload pada Extension Installer OpenCart 2.0

Mengatasi Error FTP saat Upload pada Extension Installer OpenCart 2.0

Mengatasi Error FTP saat Upload pada Extension Installer OpenCart 2.0

Tidak sulit untuk Mengatasi Error FTP pada Extension Installer pada OpenCart 2.0. Hanya butuh sedikit “tweak” pada kode sumbernya. Error FTP pada saat instalasi modul pada Extension Installer hanya ada pada modul yang berbasis OCMOD. File ini dapat berupa xml, sql atau zip yang berekstensi .ocmod. Selain file dengan ekstensi ini, tentu saja modul tidak dapat diinstall.

Keberadaan Extension Installer mulai OpenCart 2.0 memberikan warna baru pada operasional OpenCart. User tidak perlu menggunakan FTP client untuk sekedar instalasi modul. Melalui Extension Installer user dapat mengupload file pada halaman adminstrasi. Hal ini merupakan kenyamanan sendiri bagi pengguna.

Namun demikian hal ini tidak lepas dari masalah. Pada lingkungan localhost sering kali FTP tidak dapat bekerja. Oleh karenanya akan terjadi masalah login FTP saat upload modul. Kira-kira pesan errornya adalah sebagai berikut.

Warning: ftp_connect(): php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /opt/lampp/htdocs/deavee/admin/controller/extension/installer.php on line 286{“error”:”Could not connect as opencart.opencartdemo.com:21″}

Cara mengatasinya ternyata mudah. Gunakan file xml OCMOD berikut.

https://www.dropbox.com/s/cxer2mqm1glod3h/fix-ftp-problem.oc-2.0.ocmod.xml

Pergi ke halaman Extension Installer dan upload file xml tersebut. Kemudian ke halaman Extension → Modifications. Klik tombol refresh agar sistem membuat file chache modifikasi. Selesai.

Sekarang Anda dapat mencoba untuk mengupload modul berbasis OCMOD Anda kembali.

Demikian artikel singkat Mengatasi Error FTP saat Upload pada Extension Installer OpenCart 2.0. Semoga bermanfaat, ????

Leave Your Comment