Menu
Your Cart
Memilih Ekspedisi Pengiriman yang Tepat untuk Toko Online Anda

Memilih Ekspedisi Pengiriman yang Tepat untuk Toko Online Anda

Memilih Ekspedisi Pengiriman yang Tepat untuk Toko Online Anda

Untuk keperluan toko online, sangat penting untuk memilih ekspedisi pengiriman yang tepat untuk toko online tersebut. Karena ini menyangkut kenyamanan kustomer apalagi bagi mereka yang telah memiliki ekspedisi favorit. Sehingga kustomer lebih nyaman menggunakan suatu ekspedisi dibandingkan yang lainnya. Namun demikian, dari sisi penjual, mereka akan lebih mengutamakan delivery time atau cost atau fitur yang ditawarkan oleh sebuah ekspedisi. Misal ada jemput di rumah gratis, ada resi otomatis yang dikirimkan ke kustomer, dll. Dimana terkadang kebutuhan penjual sulit bertemu dengan keinginan pembeli. Aritkel ini akan membahas bagaimana cara mengkompromikannya.

Memilih ekspedisi pengiriman untuk toko online harus dilakukan secara cermat, karena tidak semua ekspedisi berjalan dengan baik di semua daerah pengiriman. Bisa jadi suatu ekspedisi sangat baik di suatu daerah, namun berjalan buruk di daerah lainnya. Contoh, kita semua tahu JNE. Suatu hari seorang teman mengirimkan buku kepada kustomernya di suatu daerah di Jawa Tengah. Estimasi waktu sampai yang hanya beberapa hari, ternyata ngaret hingga 11 hari. Terang kustomernya mencak-mencak, :D.

Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih ekspedisi pengiriman yang tepat untuk toko online.

1. Luasnya jangkauan pengiriman dan Tarif Layanan

Bisanya ini karena faktor skala perusahaan ekspedisi. Sering kali perusahaan yang lebih lama beroperasi memiliki jangkauan pengiriman yang lebih luas. Karena banyaknya cabang dan agen di daerah. Apalagi jika telah memiliki warehouse di suatu daerah, maka dapat dikatakan pengiriman cukup stabil di daerah tersebut. Artinya delivery time yang sesuai jadwal.

JNE dan TIKI

Berdasarkan pengalaman, secara umum JNE paling banyak digunakan. Terutama untuk pengiriman dari kota-kota di Pulau Jawa. Selain itu TIKI juga cukup mainstream dan menjangkau hingga ke pelosok daerah yang sering kali lebih cepat dibanding JNE. TIKI ini juga yang sering kali direkomendasikan untuk pengiriman produk-produk dari intana herbal, terutama jika pengirimannya ke daerah terpencil. Layanan tiki lebih variatif, seperti HDS (Holiday delivery service) dan ONS (Over night Service) yang tidak ada di ekspedisi lain. Meski kebanyakan toko online tidak akan menggunakannya.

Oya, saat ini ada layanan pengiriman cargo di JNE, yakni JNE Trucking. Untuk platform OpenCart, Anda bisa melihat review modulenya disini.

SiCepat

SiCepat, saya rasa sedang tumbuh pesat. Ekspedisi ini tarifnya sama plek seperti JNE. Namun, mereka lebih berani dan punya fitur. Kenapa saya katakan lebih berani?. JNE YES, yakin esok sampai. Biasanya sore hari paket baru sampai ke tujuan. SiCepat BEST, mampu menggaransi 15 jam sampai tujuan. Dan benar saja, ini pernah saya alami ketika menerima paket dari LiveHaf.com. Lebih dari itu, user experience SiCepat saya rasa lebih baik. Tracking sistem mereka lebih advance dan pengelolaan yang terasa lebih modern dan terjamin. Seperti adanya sticker di paket yang untuk menerima paket, sticker harus dikelupas dan penerima menandatanganinya. Bagian sticker yang dilepas untuk bukti kurir. Fitur SMS resinya juga sangat memudahkan penjual. Dilihat dari jangkauan pengirimannya, saya rasa relatif sama dengan JNE.

POS Indonesia

Fair ekspedition. Ekspedisi ini tidak memiliki banyak inovasi seperti para pesaingnya, namun yang POS tawarkan juga tidak dapat dibilang remeh. Sejauh ini mereka punya layanan POS Biasa, untuk pengiriman paket yang cukup berat hingga 50 kg. POS Paket Kilat, tarif seperti Surat kilat khusus. Relatif lebih murah dibanding JNE untuk berat yang sama. Berbeda dengan JNE yang menghitung berat kiriman per kilogram, POS menghitung berat kiriman hingga satuan gram. Namun demikian layanan POS Express agaknya kurang reliable.

Jadi, untuk mengirim produk yang rata-rata kurang dari 1 kg, penggunaan POS perlu dipertimbangkan. Lebih dari itu pengiriman barang yang > 5kg hingga 50 kg, bisa menggunakan layanan POS Biasa yang secara umum lebih murah dibandingkan JNE Trucking.

Wahana

Tidak banyak inovasi dari layanan ini. Namun demikian, ekspedisi ini sangat layak diperhitungkan. Terutama untuk pengiriman barang yang cukup berat. Untuk berat yang sama, tarif wahana adalah yang paling murah dari semua ekspedisi. Dan selisih harganya amat signifikan. Jika Anda mengirim barang yang cukup berbobot, Anda harus mempertimbangkan ekspedisi ini.

Layanan tracking fair, meski tidak sedetail ekspedisi lain seperti JNE/TIKI. Namun demikian ekspedisi ini kadang mengecewakan terutama jika pengiriman ke daerah terpencil. Delivery time-nya sangat lama.

2. Fitur

Yang saya maksud fitur disini adalah layanan ekstra dari ekspedisi untuk memudahkan pengirim, dalam hal ini seller.

JNE dan TIKI

Setahu saya ada layanan jemput paket, hanya ada minimal amount. Kalau tidak salah 10 item. Cukup relevan untuk toko online yang sirkulasinya padat. Kebayang kalau harus 10 kali bolak balik ke tempat agen pengiriman.

J&T

Mereka telah mendeklarasikan diri untuk menjemput paket gratis. Tanpa minimal jumlah item. Ini tentu sangat handy. Mereka punya sprinter yang siap jemput bola. Tapi realisasinya memang masih kurang dari ekspektasi.

SiCepat

Ekspedisi ini cukup inovatif bersaing dengan ekspedisi lain. Sering kali pengguna meminta resi pengiman sebagai bukti bahkan penjual telah mengirimkan barangnya. Jika mengirim banyak barnag dan harus mengirimkan nomer resi ke tiap kustomer, tidak terbayangkan berapa waktu yang terbuang. SiCepat memahami ini. Kustomer akan mendapatkan nomer resi pengiriman langsung via SMS. Ini menyelamatkan penjual dari komplain kustomer yang tidak sabaran, ^_.

Banyaknya ekspedisi pengiriman yang saat ini ada di tanah air merupakan imbas dari gaya hidup belanja online yang semakin menjamur. Tidak saja di kalangan atas, tetapi juga menengah kebawah.

In Summary

Pada dasarnya kita harus bijak memilih ekspedisi agar kepercayaan kustomer tetap tinggi. Karena pengiriman merupakan proses bisnis yang penting dalam transaksi belanja online. Adapun rekomendasi saya adalah sebagai berikut:

Jadikan Pengiriman JNE sebagai basic shipping. Terutama jika Anda di Pulau Jawa. Performancenya secara umum sangat baik. Ekspedisi ini memang mainstream dan telah dipercaya oleh banyak orang.

Untuk antisipasi pengiriman luar Jawa dan ke daerah pelosok di Jawa, gunakan POS. Salah satu keuntungan POS adalah punya banyak sekali agen di berbagai daerah. Minimal di tingkat kecamatan.

Untuk pengiriman barang yang cukup berat, misal > 5 kg hingga puluhan kilogram, gunakan Wahana atau POS Biasa. Wahana sangat baik untuk pengiriman cargo bahkan ke luar Jawa sekalipun. Saya sendiri pernah kirim dari Yogyakarta ke Makassar (Sulawesi), hanya butuh waktu 3 hari. Dan benar-benar sampai dalam 3 hari dengan tarif yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan ekspedisi lain. Taruhlah JNE. Harganya bisa berkali lipat.

Untuk konsumen yang rata-rata di Pulau Jawa saja dan Anda ingin menghadirkan experience dalam berbelanj kepada konsumen, gunakan SiCepat. Iya, dengan berbagai fitur dan yang ditawarkan, konsumen Anda tidak akan kecewa dengan ekspedisi ini.

Secara gamblang, Anda bisa mengkombinasikannya. Misal. JNE/TIKI + POS/Wahana + SiCepat/J&T.

Khusus untuk Opencart, Anda membutuhkan module pengiriman yang reliabel seperti buatan HPWD berikut ini: KLIK. Dapatkan discount hingga 50% untuk pembelian bundle item shipping JNE/TIKI + POS/Wahana + SiCepat/J&T.  (Jangan lupa kontak CS dulu utk ekstra discount … ^_ ).

Nah!. That’s it.

Demikian, sharing saya tentang Memilih ekspedisi pengiriman yang tepat untuk toko online.

Semoga bermanfaat.

Leave Your Comment