Menu
Your Cart
Lisensi Gratisan Penggunaan Komersial – Bagian 1

Lisensi Gratisan Penggunaan Komersial – Bagian 1

Lisensi Gratisan Penggunaan Komersial – Bagian 1

lisensi creative commons – php halal pro web design solution

Di tengah maraknya produk bajakan di internet ternyata terdapat beberapa lisensi yang dapat digunaakan secara gratis bahkan untuk kebutuhan komersial sekalipun. Ini tentu sebuah kabar gembira bagi para teknisi IT, programer, designer, coder, dll. Terutama bagi yang belum dapat membeli program aplikasi, gambar, atau tema website atau sebagainya yang berbayar.

Creative Commons

Ini merupakan salah satu lisensi publik yang memungkinkan untuk didistribusikan secara gratis dari suatu produk yang telah memiliki copyright. Seorang author yang memiliki produk tertentu dapat memilih apakah produk yang dibuatnya tersebut dapat digunakan secara komersial atau tidak, dapat dipublikasikan atau tidak, dsb tergantung jenis lisensi yang digunakan. Terdapat enam jenis lisensi yang disediakan oleh Creative Commons. Namun hanya terdapat dua jenis lisensi yang dapat digunakan untuk keperulan komersial dengan mengikuti syarat tertentu pastinya.

1. Attribution (CC BY)
This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.

Sesuatu keterangan diatas. jenis lisensi ini dapat didistribusikan kembali, di-remix, diubah, dan dibangun kembali pada produk yang akan kita hasilkan bahkan untuk keperluan komersial selama kita memberikan credit (PENGHARGAAN / APRESIASI) dari buatan yang asli. Lebih jauh lagi, kita dapat:

lisensi attribution pada creative commons – halal pro web design

Share, mengcopi dan distribusikakn kembali material pada berbagai medium dan format.

Adapt, remix, transform, membuat berdasarkan material tersebut untuk segala tujuan, bahkan komersial.

Lisensinya sendiri menambahkan bahwa licensor atau pemegang lisensi tidak dapat mencabut hak tersebut selama kita mengikuti term lisensi tersebut.

Seperti juga yang dilansir di halaman berikut:
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Mungkin Anda bertanya, bagaimana apreasiasi yang kita berikan?

Apa yang dapat dilakukan pada lisensi Attribution – Creative Commons

Apa yang bisa dilakukan dengan lisensi Attribution CC BY – php halal pro web design solution

Seperti yang dapat dibaca dari gambar diatas, kita harus menyediakan link untuk lisensi tersebut dan mengindikasikan perubahan yang telah dilakukan. Lalu apa yang dimaksud dengan Indicate if changes were madeBerikut penjelasannya.

Indicate if changes were made – creative commons

Jika kita melakukan modifikasi material yang berlisensi CC maka indikasi perubahan yang kita lakukan harus dicantumkan begitu juga dengan modifikasi yang dilakan oleh sebelumnya jika terdapat modifikasi.

2. Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)

Jenis lisensi ini memungkinkan kita untuk melakukan mengubah dan atau membuat produk derivatif bahkan untuk tujuan komersial selama melakukan apresiasi dan memberikan lisensi dari produk turunan tersebut dengan lisensi yang sama dari sebelumnya.

Intinya pada lisensi jenis ini seperti pada jenis lisensi sebelumnya (Attribution) hanya saja terdapat syarat tambahan, yakni ShareAlike. Seperti yang dilansir oleh halaman http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ seperti berikut.

ketentuan lisensi creative commons jenis share alike – php halal pro web design

Artinya lisensi produk yang dibuat atau hasil modifikasi dari produk yang berlisensi Atribution Share-Alike maka lisensinya juga mengikuti lisensi produk yang sebelumnya.

Demikian Semoga bermanfaat. 

Leave Your Comment