Menu
Your Cart
Praktik Terbaik OpenCart 2: Kontrol Strok Pada Produk Bervariasi di OpenCart

Praktik Terbaik OpenCart 2: Kontrol Strok Pada Produk Bervariasi di OpenCart

Praktik Terbaik OpenCart 2: Kontrol Strok Pada Produk Bervariasi di OpenCart

Nah, ini juga praktik terbaik yang sangat penting untuk diketahui, yakni cara mengontrol stok pada produk yang bervariasi di OpenCart. Sudah menjadi keharusan dalam sistem e-commerce memiliki sistem untuk control stock. Tentu ini untuk menjaga proses bisnis berjalan dengan baik dimulai dari apakah customer dapat order / tidak berdasarkan stok produknya.

Goal setelah membaca artikel ini, Anda diharapkan tahu bagaimana mekanisme stocking di OpenCart. Oke, langsung saja..

Di sistem OpenCart memungkinkan untuk menambahkan opsi produk yang berisi variasi produk terkait. Misalnya variasi warna, opsinya bisa nama warna (red, navy, black, dll), variasi ukuran dan sebagainya. Lebih dari itu tiap opsi dapat dipersonalisasi dengan tambahan/pengurangan harga dan tentu saja stok tiap variasi.

Kontrol Stok pada Produk dengan Variasi
Seperti yang Anda ketahui, secara default stok dapat dimasukkan di kolom Quantity (jumlah) di tab Data pada saat Edit / Insert produk baru. Untuk produk yang memiliki beberapa variasi, pastikan bahwa AKUMULASI dari jumlah stok dari semua variasi sama dengan jumlah stok di kolom Jumlah. Sesederhana itu. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut.

Pengurangan Stok Pasca Konfirmasi Pembayaran
Secara default, stok produk di OpenCart akan dikurangi secara otomatis pasca checkout oleh customer. Misal customer order 2 item di suatu produk, maka product quantity akan berkurang sejumlah itu. Masalahnya adalah sering kali customer tidak membayar apa yang sudah mereka pesan. Ini sudah jelas, hehe.

Salah satu alternatif solusinya adalah pengurangan produk hanya dilakukan setelah konfirmasi pembayaran. Tapi kalau ini butuh module khusus ya. Modul konfirmasi pembayaran HPWD telah dilengkapi fitur ini sejak lama. Fitur yang sangat berguna sekali untuk menjaga stok. Anda boleh membaca review module konfirmasi pembayaran ini DISINI.

Pengembalian Stok jika Order dibatalkan
Ini juga menarik dan bisa dijadikan alternatif solusi. Kita bisa membatalkan order jika dari rentang waktu order tertentu customer tidak melakukan konfirmasi pembayaran. Harus ada modifikasi secara khusus agar ketika status order diubah menjadi cancelled/dibatalkan stok kembali seperti semula. Selain itu penting untuk untuk mengotomasi sistem ini. Agar status order bisa dibatalkan otomatis dan sekaligus mengembalikan stok. Lagi2, ini perlu module khusus ya. Silakan cari module yang relevan di OpenCart.com.

Demikian artikel singkat, tentang cara Kontrol Strok Pada Produk yang bervariasi di OpenCart. Semoga bermanfaat, ^_

Leave Your Comment