Menu
Your Cart
Tutorial 18: Cara Setting Google reCaptcha pada Toko Online OpenCart

Tutorial 18: Cara Setting Google reCaptcha pada Toko Online OpenCart

Pada website opencart selain produk dan konten, keamanan adalah salah satu aspek yang juga harus anda perhatikan, anda pasti tidak ingin website yang menjadi sumber penghasilan anda tiba-tiba error dan tidak bisa dikunjungi, yang mungkin penyebabnya dari orang jahat yang menguji keamanan situs anda.

Maka dari itu mari kita pastikan website opencart kita aman sebelum lebih fokus ke konten, langkah keamanan yang paling sederhana adalah menggunakan fitur extension captcha yang telah disediakan secara bawaan oleh opencart yang bisa diakses di menu Extension > Captchas

Dengan extension captcha ini website anda akan terhindar dari komputer robot yang diprogram untuk menjelajahi situs anda secara otomatis , Ada 2 jenis ekstension captcha yaitu yang Basic Captcha dan Google reCAPTCHA.

Untuk Menggunakan Basic Captcha anda hanya perlu install dan aktifkan saja, sedangkan untuk google reCAPTCHA perlu pengaturan tambahan agar bisa terintegrasi dengan sistem google. Untuk cara setting Google reCaptcha lebih lengkap akan saya jelaskan dibawah ini.

Buka menu Extension > Captchas, jika anda belum pernah install google reCAPTCHA sebelumnya silahkan install dulu ya.




1. Mendaftar google reCAPTCHA

Silahkan anda buka tab baru dibrowser dan kunjungi alamat https://www.google.com/recaptcha/admin, pastikan anda login akun google sebelum mengunjungi alamat tersebut.

Jika anda belum pernah menggunakan google reCAPTCHA sebelumnya, maka akan langsung disediakan formulir seperti ini untuk membuat google reCAPTCHA pertama kali.

Silahkan isikan formulir seperti contoh dibawah ini :



Label : merupakan nama yang bisa di isi terserah anda

reCAPTCHA type : tipe yang direkomendasikan adalah reCAPTCHA V2 > "I'm not a robot" Checkbox karena cukup aman sekaligus mempermudah pengguna

Domains : Silahkan isikan domain utama untuk website-website yang menggunakan google reCAPTCHA ini

Silahkan centang checkbox Accept the reCAPTCHA Terms of Service dan Send alert to owners untuk notifikasi keamanan

Terakhir adalah klik tombol SUBMIT

Setelah itu anda akan mendapatkan Site key dan Secret key yang akan digunakan pada pengaturan di OpenCart




2. Setting Google reCaptcha

Kembali lagi ke website opencart, setelah menginstall google  reCAPTCHA maka akan muncul tombol edit setting, silahkan klik tombol tersebut.




Setelah halaman pengaturan terbuka tempelkan Site key dan Secret key yang sudah kita dapatkan pada langkah sebelumnya, lalu klik simpan.



Langkah terakhir adalah setting google reCAPTCHA sebagai captcha yang digunakan di website opencart anda dan di halaman mana saja captcha tersebut muncul, caranya dengan mengunjungi System > Settings > Tab Option > Scroll ke paling bawah. Setelah itu silahkan simpan.




Jika berhasil maka di halaman opencart yang anda pilih akan muncul checkbox google reCAPTCHA seperti gambar dibawah ini.



Semoga bermanfaat, :)

Comments (0)

    Leave Your Comment