Menu
Your Cart
Cara Membuat Website Sendiri dengan Murah dan Mudah

Cara Membuat Website Sendiri dengan Murah dan Mudah

Cara Membuat Website Sendiri dengan Murah dan Mudah

Banyak orang yang berkeinginan untuk membuat website mereka sendiri dengan murah dan mudah tentunya. Apalagi bagi pemula. Sebenarnya untuk membuat website sendiri tidak sesulit yang kita bayangkan tapi memang butuh waktu untuk belajar. Dan tidak usah khawatir jika ketika Anda membuat website sendiri dan mengalami kesalahan dan sedikit kerumitan dalam prosesnya. Perlahan-lahan Anda akan mengerti garis merahnya.

Baik, langsung saja ke cara membuat websitenya. Secara umum saya merangkum dua cara untuk membuat website sendiri.

1. Membuat Website dengan Domain dan Hosting Gratis

Domain adalah nama website, seperti misalnya www.nama_website.com. Sementara hosting adalah tempat menyimpan website tersebut karena pada dasarnya sebuah website adalah kumpulan file yang dapat diakses secara internasional di internet.

Cara membuat website yang pertama ini, Anda dapat memanfaatkan tiga layanan pembuatan website/website yang tersedia di internet, yakni:

Blogger

Tidak salah lagi, websiteger memungkinkan Anda untuk membuat website pribadi yang dapat disulap tampilannya seperti keinginan Anda dengan template yang dapat Anda unduh sendiri di internet.

Untuk membuat website sendiri di blogger, erlebih dahulu Anda harus memiliki akun email. Saya sarankan untuk membuat GMAIL di http://mail.google.com. Klik Sign Up dan ikuti proses selanjutnya. Kemudian pergi ke situs http://websiteger.com, login dengan akun email Anda dan buatlah sebuah website baru dengan mengklik New Blog. Lanjutkan membuat website Anda dengan mengisi kolom yang diperlukan, yakni:

Tittle, nama website Anda.
Address, alamat website Anda. Jika nama yang Anda ketikkan tersedia akan ada tanda centang.
Template, pilih template mana saja yang Anda sukai. Template ini dapat diganti setelah pembuatan.
Klik Create website.

buat blog baru – membuat website sendiri dengan murah

 

Setelah itu Anda akan dibawa menuju Dashboard, yakni halaman admin untuk website ini. Pada halaman tersebut Anda dapat mengatur setingan website, postingan Anda, mengganti template, dan banyak seting lain. Bahkan Anda dapat mengganti judul dan alamat website Anda disini.


dashboard blogger – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Sekarang Anda dapat melihat tampilan website Anda dengan alamat yang Anda masukkan tadi plus ekstensi .blogspot.com. Karena ini adalah layanan gratis, sehingga Google memberikan akhiran .blogspot.com pada website Anda. Ini dapat dihilangkan dengan membeli domain ke pihak Google sebesar kira-kira $12 US dolar. Sehingga nama website Anda akan menjadi www.namawebsite.com.

WordPress.com

Kemudian cara membuat website sendiri yang kedua adalah dengan memanfaatkan layanan WordPress.com. WordPress merupakan salah satu platform penyedia website yang banyak digunakan. Seperti halnya websiteger, Anda diharuskan mememiliki alamat email terlebih dahulu. Setelah itu pergi ke : http://wordpress.com dan daftarlah sebagai member sekaligus membuat website Anda dengan mengklik “GET STARTED” dan isikan form untuk membuat website Anda.

membuat akun wordpress – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

WordPress menyediakan tiga tipe layanan, yakni Free, Premium, dan Bussiness. Pilih “Create Blog” untuk membuat website Anda sendiri dengan gratis. Anda akan mendapatkan space 3Gb namun WordPress akan menjadikan Anda sebagai agen iklan sewaktu-waktu pada website Anda. Namun ini tak mengapa jika Anda baru belajar karena Anda masih dapat melakukan banyak hal seperti mengganti tema.

Ikuti langkah selanjutnya, yakni set nama website (blog) Anda, tagline, dan bahasa. Klik Next Step.

Langkah selanjutnya adalah memilih tema Anda. Karena Anda ingin gratis, maka pilih tema yang tidak ada label harganya. Kemudian klik. “NEXT STEP”.

step 2 – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Halaman berikutnya adalah customisasi tema website Anda. Namun ini tidak perlu, karena Anda masih belajar cara membuat website Anda sendiri. Klik “Next Step”.

Anda dapat memberi tahu teman lewat social media ahwa Anda telah membuat website Anda sendiri. Klik saja salah satu atau dua yang Anda butuhkan dan klk Next Step.

Langkah selanjutnya. Agar Anda cepat membuat website Anda sendiri, klik “Next Step”.

step 3 – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Konfirmasi email Anda untuk aktifasi website. Buka email Anda dan klik Confirm Email Address.

aktifasi website – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Anda akan dibawa ke halaman baru dan website Anda telah dapat diakses. Klik Add New Post untuk menambahkan postingan baru pada website.

email confirmed – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Lihat website Anda sendiri dengan mengaksesnya www.alamat-website-anda.wordpress.com. Sekarang tiap kali Anda ingin memosting sesuatu pada website maka Anda harus pergi ke halaman www.alamat-website-anda.wordpress.com/wp-admin.

tambah posting baru dashboard wordpress – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

IdHostinger

Cara lain untuk membuat website sendiri adalah memanfaatkan layanan gratis dari idHostinger. Ini adalah sebuah layanan domain dan hosting komersial namun menyediakan pula layanan gratis yang dapat Anda manfaatkan. Langsung saja, pergi ke alamat: http://idhostinger.com/order/. Order untuk yang gratis dan isikan form seperti dibawah ini dengan lengkap dan klik “Buat Akun”.

buat akun – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Seteleah itu Anda harus membuka email Anda mengaktifasi akun. Anda akan menerima dua email. Salah satunya berisi link konfirmasi. Klik link yang disertakan pada email dan Anda akan dibawa pada halaman yang berisi pilihan berikut.

pilih paket hosting – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Untuk membuat website Anda sendiri dengan gratis, klik Order untuk paket Gratis. Selanjutnya ketikkan alamat website yang diinginkan pada kolom Subdomain dan pilih ekstensi yang paling menarik dan mudah diingat. Pada bagian password, isikan password. Ini adalah password cpanel untuk website Anda sendiri. Klik “Lanjutkan”.

domain dan password – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Konfirmasi order Anda dengan memasukkan kode Captcha dan centeang “Saya setuju …”.

konfirmasi order – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Nah, alamat dan hosting Anda sekarang telah siap dan dapat diakses jika telah sampai tahap ini. Tapi belum ada konten websitenya, sehingga Anda harus mengisinya dengan website. Cara yang paling mudah adalah, klik Auto Installer.

daftar akun hosting – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Install CMS WordPress, yang merupakan versi yang dapat dikustomisasi dari WordPress dengan mengetaikkan wordpress pada pencarian. Gunanya untuk mencari installer WordPress. Setelah ketemu, klik Install pada Installer WordPress.

auto installer – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

 

Selanjtnya akan dipaparkan detail dari Installer. Scroll ke bawah dan isikan:
Username               : isikan nama user dari WordPress.
Password               : isikan password WordPress.
Judul Website     : jelas, judul website Anda.
Tagline Website  : Tagline Website Anda.

Klik Install.

install auto installer – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Setelah mengklik install maka butuh waktu sekitar 5-30 menit. Dari pengalaman penulis belum sampai 5 menit website telah dapat diakses dan digunakan.

versi yang tersintall – cara membuat website sendiri dengan murah dan mudah

Setelah selesai Anda dapat mengakses website Anda dan setiap posting sesuatu Anda harus mengakses nama_website/wp-admin. Contoh, nama website Anda adalah belajarwebsite.hol.es. Maka Anda harus mengakses www.belajarwebsite.hol.es/wp-admin kemudian login dengan username dan password yang ditentukan pada tahap sebelumnya. Contohnya dapat Anda lihat disini:
http://halalprowebdesign.hol.es/.

2. Menggunakan Layanan yang Premium

Maksud dari premium disini adalah berbayar alias tidak gratis. Ini mungkin cara membuat website sendiri yang agak rumit dibandingkan dengan cara sebelumnya. Dan cara yang kedua ini mungkin terhitung tidak murah. Namun keuntungannya jelas lebih kentara dari layanan gratisan. Saya dapat merangkumnya untuk Anda sebagai berikut:

  • Nama bisa bebas, Anda tidak akan terikat lagi dengan ekstensi .blogspot.com, .wordpress.com atau semacamnya. Nama website Anda dapat seperti : www.nama-web-anda.com

  • Kustomisasi tampilan dengan lebih baik, sesuai selera, dan kebutuhan. Anda bisa mendapatkan desain sesuai warna favorit Anda atau sesuai perusahaan/institusi Anda.

  • Space website dan bandwidh dapat ditambah sesuai kebutuhan. Tempat menyimpan website Anda lama kelamaan akan semakin menipis dengan banyaknya gambar yang Anda upload sehingga memerlukan space tambahan. Sementara bandwidth yang besar akan memanjakan pengguna Anda karena akses terhadap website Anda akan lebih cepat dan banyak pengguna dapat mengakses website Anda dalam satu waktu.

  • Tidak diperlukan pengetahuan lanjut, Anda menyerahkan proses pengerjaan kepada jasa pembuatan website. Sehingga Anda tidak perlu capek-capek membuat website Anda sendiri. Dan tinggal fokus ke masalah pemasaran terutama untuk website penjualan.

Namun Anda harus membayar konsekuensinya, yakni:

  • Biaya pembuatan yang relatif mahal. Anda harus menyewa jasa pembuatan website untuk membuatkan website Anda.

  • Waktu Pengerjaan relatif lebih lama. Menyearahkan pembuatan website anda sendiri kepada jasa pembuatan website pun memerlukan waktu. Untuk website pribadi, mungkin sekitar 2 hingga 3 minggu. Untuk website komersial mungkin sampai 1 bulan sehingga siap digunakan.

Untuk cara yang kedua ini kami menawarkan solusi alternatif bagi Anda yang ingin membuat website pribadi, institusi, atau komersial yang serius.

PHP Halal Pro Web Design

Dengan pengalaman menangani berbagai proyek web institusi dan komersial kami menawarkan jasa pembuatan website yang berkualitas, kompetitif, halal pro. Apa maksud dari halal pro?. Kami menjamin kehalalan dalam proses pembuatannya, meliputi sumber gambar, kode, tampilan, perangkat lunak yang digunakan, dll. Dengan seperti itu kami meyakini bahwa hal itu akan mendatangkan keberkahan dunia akhirat insya Allah. Dan kami mempercayainya, …

Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan kami untuk menanyakan segala sesuatunya.

KONTAK : (AGUS) 085602141060

FB : aminanto.agus@gmai.com

Leave Your Comment