Menu
Your Cart
Tutorial 21 - Cara Kerja Harga Spesial dan Diskon OpenCart

Tutorial 21 - Cara Kerja Harga Spesial dan Diskon OpenCart

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tentang bagaimana cara menggunakan fitur Harga Spesial dan Diskon untuk Produk pada OpenCart.

Penjual sering kali harus menurunkan harga untuk bersaing dengan kompetitor atau sekedar memberikan insentif untuk pelanggan, agar pelanggan tertarik untuk membeli produk lebih banyak. Disinilah peran dari opsi harga spesial dan diskon OpenCart yang akan kami bahas satu per satu. 

Harga spesial dan diskon merupakan fitur bawaan dari OpenCart yang berkaitan dengan harga produk. Keduanya dianggap sebagai strategi penetapan harga. Dibawah ini kami uraikan perbedaan dari kedua opsi tersebut.

Harga Spesial

Harga spesial masih memiliki keterkaitan dengan harga jual produk. Misalnya sebuah produk memiliki harga $200, dengan menggunakan fitur harga spesial OpenCart, Anda dapat mengatur harganya menjadi $150. Dengan begitu, pelanggan melihat perbedaan harga lama dan harga baru. Opsi harga spesial dapat digunakan sebagai strategi jangka pendek selama musim liburan, minggu penjualan, atau mencocokkan potongan harga dengan kompetitor.

Berikut cara mengatur Harga Spesial Produk di OpenCart:

Melalui halaman admin, arahkan kursor ke tab Catalog, lalu klik Products.

(Catalog > Products)


Anda akan masuk ke daftar produk yang Anda miliki. Pilih salah satu produk yang ingin ditambahkan harga spesial dan klik Edit.


Klik tab Special, lalu klik Add Special [+].

Dibawah ini adalah tampilan untuk mengisi beberapa informasi harga spesial:

  • Customer Group - Anda dapat memilih grup pelanggan (Jika Anda mempunyai lebih dari satu grup pelanggan) yang Anda inginkan untuk memanfaatkan harga spesial. 
  • Priority - Jika Anda memiliki lebih dari satu harga spesial, Priority memungkinkan Anda untuk mengatur mana yang ditampilkan di halaman produk (prioritas).
  • Price - Harga spesial untuk pelanggan.
  • Date Start - Date End - Periode harga spesial mulai aktif (Date Start) hingga kedaluarsa (Date End).


Klik Save.

Pergi ke halaman produk untuk melihat hasilnya. Anda akan melihat perbandingan harga lama - harga baru.


Diskon

Diskon adalah menurunkan harga produk tertentu ketika pelanggan membeli produk tersebut lebih banyak. Misalnya harga 1 pcs produk memiliki harga $20, tetapi jika pelanggan membeli 5 pcs maka masing-masing hanya $18. Semakin banyak pelanggan membeli produk tersebut, semakin banyak mereka hemat. Opsi diskon digunakan sebagai strategi jangka panjang yang memberikan insentif kepada pelanggan untuk membeli lebih banyak produk Anda.

Berikut cara mengatur Diskon Produk di OpenCart:

Melalui halaman admin, arahkan kursor ke tab Catalog, lalu klik Products.

(Catalog > Products)


Anda akan masuk ke daftar produk yang Anda miliki. Pilih salah satu produk yang ingin ditambahkan diskon dan klik Edit.


Klik tab Discount, lalu klik Add Discount [+].


Dibawah ini adalah tampilan untuk mengisi beberapa informasi diskon:

  • Customer Group - Anda dapat memilih grup pelanggan (Jika Anda mempunyai lebih dari satu grup pelanggan) yang Anda inginkan untuk memanfaatkan diskon.
  • Quantity - Atur berapa minimal pcs produk yang harus dibeli pelanggan untuk mendapatkan diskon.
  • Priority - Jika Anda memiliki lebih dari satu diskon, Priority memungkinkan Anda untuk mengatur mana yang ditampilkan di halaman produk (prioritas).
  • Price - Harga diskon untuk pelanggan.
  • Date Start - Date End - Periode diskon mulai aktif (Date Start) hingga kedaluarsa (Date End), atau biarkan kosong jika Anda ingin diskon terus berjalan tanpa batas waktu kedaluarsa.


Klik Save.

Pergi ke halaman produk untuk melihat hasilnya. Anda akan melihat harga regular produk dan harga diskon berdasarkan kuantitas.


Perlu diperhatikan bahwa, OpenCart tidak mengizinkan Anda untuk menggunakan opsi harga spesial dan diskon secara bersamaan, tetapi lebih diutamakan harga spesial. Jika produk tertentu telah Anda edit untuk mengaktifkan kedua opsi tersebut, maka sistem secara otomatis akan menampilkan opsi harga spesial. Karena harga spesial idealnya berlangsung selama beberapa hari atau minggu selama acara khusus, sementara diskon lebih bersifat jangka panjang.

Seperti itulah cara kerja dari Harga Spesial dan Diskon produk pada OpenCart. Semoga bermanfaat.

Comments (0)

    Leave Your Comment