Menu
Your Cart
Apa itu Hosting

Apa itu Hosting

Apa itu Hosting

Beberapa tahun yang lalu mungkin kita tidak pernah terpikirkan akan kemajuan teknologi saat ini. D engan adanya kemajuan teknologi kita tidak memungkiri bahwa kehidupan saat ini lebih mudah dengan bantuan teknologi. Bahkan dalam kegiatan sehari-hari kita tidak luput dari yang namanya teknologi.

Salah satu produk dari teknologi tersebut adalah sebuah website. Saat ini sebuah website bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, misal seperti menulis catatan harian, melakukan jual-beli online, melakukan transaksi bank dan lain-lain. Maka dari itu paling tidak kita mengerti apa itu website dan bagaimana cara membuatnya, seringkali ketika kita sedang browsing kita mendapatkan sebuah kata ‘Hosting’ yang kita sendiri belum tau apa sih Hosting itu. Hosting termasuk sesuatu yang penting dalam pembuatan website. Nah, untuk kamu yang belum tau apa itu Hosting, yuk silakan menyimak artikel ini.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah sebuah tempat dimana kita dapat menyimpan file atau folder yang ada di intenet, mungkin hosting itu seperti komputer, tempat menyimpan file atau folder tetapi kita dapat mengakses melalui internet. Agar mudah memahaminya hosting itu seperti sebuah bidang tanah yang dengan tanah tersebut kita dapat membangun sebuah rumah. Dengan kata lain kita tidak dapat membangun sebuah rumah ketika kita tidak memiliki sebuah bidang tanah, sebelum membaca lebih dalam pastikan sudah membaca materi tentang domain.

Lalu, Apa manfaat Hosting?

Hosting digunakan untuk menyimpan berkas-berkas dari website yang kita miliki, seperti database dari website tersebut, file, folder, dan lain-lain.

Kalo, Hosting itu seperti komputer, apakah cara pengoperasiannya sama?

Ya jelas tidak, itu tadi hanya pendekatan agar mudah memahami. Untuk hosting biasanya dikelola dengan menggunakan sebuah CPanel atau kepenjanganya adalah Control Panel. Dengan CPanel kita dapat melakukan pengaturan domain, pengaturan halaman error, pengelolaan berkas-berkas website dan masih banyak lagi.

Diatas adalah salah satu bentuk dari tampilan CPanel, bisa jadi setiap penyedia hosting memberikan tampilan yang berbeda, tapi pada umumnya tampilan sebuah CPanel seperti yang ada diatas.

Apakah hosting itu berbayar?

Kalau ada yang bertanya apakah hosting itu berbayar atau tidak, mungkin seperti kata pepatah, harga berbanding lurus dengan kualitas, maka yang ditawarkan penyedia hosting gratis pastilah tidak bisa menyamai hosting yang berbayar, kalaupun memang mau belajar dulu tentang hosting, bisa deh mencoba hosting yang gratis, bisa dicari di google atau mesin pencarian yang lainnya.

Saya mau mencoba hosting berbayar, dimana saya membelinya?

Sebenarnya sudah banyak sekali penyedia hosting yang ada di Indonesia. Jika kalian memang masih awam dalam hosting dan cenderung masih belum memiliki gambaran maka datang saja kepada penyedia hosting yang ada di kota kalian, kunjungi lah yang terdekat, maka kalian bisa bertanya-tanya tentang apa yang kalian belum pahami.

Aduh, di google banyak sekali penyedia hosting, adakah rekomendasi?

Kebetulan selama ini kami mempercayakan client-client kami kepada Niaga Hoster, selain pelayanan nyaman, harga juga tidak terlalu mahal. Untuk kalian para mahasiswa atau pelajar tidak perlu takut karena untuk hosting yang paling murah Niaga Hoster memberikan tarif sekitar Rp20.000 dengan artian kalian dapat menyisihkan uang kurang lebih Rp700 setiap harinya untuk dapat membeli hosting selama satu bulan. Bisa langsung berkunjung ke websitenya https://www.niagahoster.co.id/


Apakah hosting selamanya menjadi hak milik kita?

Untuk hosting berbayar tentu tidak, kita harus tetap melakukan perpanjangan seperti halnya domain yang kita miliki, ketika kita tidak melakukan perpanjangan maka pihak penyedia hosting akan melakukan penutupan terhadap hosting kita dan mungkin hanya beberapa pihak hosting saja yang memberikan waktu untuk melakukan backup data bagi yang tidak ingin memperpanjang hosting yang kita sewa.

Semoga bermanfaat, berika komentar jika kalian masih kesulitan.

Leave Your Comment