Menu
Your Cart
Apa itu Domain?

Apa itu Domain?

Apa itu Domain?

Di era seperti ini siapa sih yang tidak butuh website? Mulai dari pedagang, jasa travel, jasa tiket dan masih banyak lagi saat ini dipastikan membutuhkan website agar bisnis mereka tidak hanyut dimakan zaman, namun ketika kita sedang mencari tutorial untuk membuat website seringkali kita menjumpai sebuah kata ‘domain’ yang kita sendiri belum tau apa sih domain itu. Domain termasuk sesuatu yang penting dalam pembuatan sebuah website. Nah, untuk kamu yang belum tau apa itu domain bisa menyimak artikel ini.

Apa sih Domain itu?

Domain adalah sebuah alamat website yang dengan domain tersebut kita dapat mengunjungi website dengan mudah. Agar mudah memahaminya domain dapat ibaratkan sebagai sebuah alamat rumah dan website adalah sebuah rumah tersebut. Dengan kata lain kita tidak dapat menemukan rumah tersebut jika tidakmengetahui alamatnya.

Apa manfaat Domain?

Pada dasarnya website hanya dapat diakses melalui sebuah IP Address seperti : 157.67.216.XXX namun jika kita menggunakan IP Address kita akan kesulitan dalam mengingatnya karena IP Address terdiri dari angka dan titik, maka dari situlah peran domain itu ada untuk mempermudah dalam mengingat alamat yang akan dikunjungi seperti google.comfacebook.com dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mendapatkan Domain?

Untuk memiliki domain kita dapat membelinya dari para penjual domain dan hosting, anda dapat mencarinya dengan menulis jual domain dan hosting pada google atau mesin pencarian yang lain.

Maka akan muncul banyak sekali website yang menjual domain dan hosting, jika kalian masih takut untuk membelinya secara online anda dapat mencari yang terdekat dari tempat tinggal kalian, sehingga kalian dapat mengunjungi penjual tersebut dan bertanya-tanya mengenai hal yang sekiranya belum diketahui.

Jika kalian masih bingung kemana harus membeli domain, kalian dapat mengunjungin website https://www.niagahoster.co.id/

Apakah Domain selamanya kita miliki?

Tentu tidak, kita harus melakukan perpanjangan agar domain kita tetap menjadi hak milik kita, atau bisa disebut juga kita hanya menyewa domain tersebut, ketika kita tidak melakukan perpanjangan pada domain tersebut bisa jadi domain kita dipakai oleh orang lain dan akhirnya kita ketika ingin menggunakan domain dengan nama tersebut sudah tidak bisa deh. Untuk menyewa domain dapat dilakukan dalam jangka waktu 1, 2, 3 tahun dan seterusnya.

Apa saja macam domain?

Sebenarnya ada banyak sekali domain yang ada, tetapi disini kita hanya akan belajar mengenai pengelompokkan domain berdasarkan fungsinya.

Domain .COM atau .CO.ID

Domain ini digunakan untuk sebuah website komersial penggunaan domain ini bisa kita lihat pada toko online yang ada di Indonesia.

Domain .ORG atau .OR.ID

Domain ini digunakan untuk sebuah website organisasi.

Domain .SCH.ID

Domain ini digunakan untuk instansi sekolah, dan hanya sekolah yang dapat mendaftar domain ini karena harus memiliki persyaratan tertentu.

Domain .GO.ID

Domain ini digunakan untuk sebuah instansi pemerintahan, seperti halnya domain .SCH.ID, domain .GO.ID ini tidak dapat digunakan sembarangan karena hanya pemerintah yang dapat menggunakan domain ini karena memiliki persyaratan tertentu.

Adakah tips memilih nama Domain?

Untuk tips dalam memilih nama domain adalah kita dapat menggunakan nama yang mudah diingat oleh masyarakat pada umumnya, paling tidak maksimal adalah dua kata yang dipisahkan dengan tanda “-”.

Berapa biaya yang harus disipakan ketika ingin membeli Domain?

Tidak ada patokan khusus dalam harga domain, tergantung domain apa yang akan kita beli. Untuk .com mungkin kisaran Rp110.000,00 untuk .id ada dikisaran Rp250.000,00. Untuk domain bisa sampai sekitar Rp1.000.000,00 namun yang familiar adalah .COM.

Sekian ulasan tentang apa itu domain, semoga bermanfaat

Leave Your Comment