Pada bisnis offline maupun online dikenal istilah reseller, reseller adalah orang yang membeli barang dari pedagang lain atau supplier untuk dijual kembali kepada orang lain dengan harga lebih tinggi, selisih harga antara modal beli barang ke pedagang lain dan harga jual ke konsumen merupakan keuntungan bagi reseller.

Penjual reseller merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan, apalagi sudah banyak palanggan pasti untungnya sangat besar. Banyak pengusaha kaya di indonesia yang mengawalinya dengan menjadi reseller. awalnya mereka jual produk orang lain, melihat kebutuhan pasar, dan akhirnya membuat produk sendiri yang berakhir sukses.

Begitulah penjelasan singkat tentang reseller, lalu apakah bisa menerapkan konsep reseller pada toko online opencart ? tentu saja jawabannya bisa. Pada artikel ini saya akan membahas tutorial cara membuat akun customer reseller yang dapat digunakan untuk membeli barang dengan harga khusus reseller.

Dengan membuka peluang untuk reseller mendaftar di toko online kita, keuntungan penjualan bisa saja meningkat, karena reseller bisa membuka target pasar baru yang sebelumnya tidak bisa kita dijangkau, misalnya pasar orang awam teknologi yang hanya bisa membeli offline. Langsung saja di bawah ini akan dijelaskan bagaimana membuat sistem reseller dengan opencart.



1. Membuat Customer Group Reseller

Untuk membuat sistem reseller di opencart, kita harus membuat Customer Groups baru khusus untuk reseller, dengan begitu sistem bisa membedakan antara customer biasa dan reseller.

Untuk membuat Customer Group baru silahkan pergi ke menu Customers > Customer Groups, dan silahkan klik tombol tambah di pojok kiri atas.


Membuat customer groups reseller

Lalu akan tampil formulir isian seperti ini, silahkan isi sesuai keinginan anda atau ikuti sesuai contoh dibawah ini. Disini saya akan lebih menjelaskan pada isian approve new customer karena saya rasa cukup penting, dengan mengisi approve new customer ke no sistem opencart bisa secara otomatis menyetujui pendaftaran reseller.

Fitur ini dapat memudahkan, namun pada kenyataanya banyak penjual tidak ingin semua pembelinya bisa dengan mudah menjadi reseller karena dapat berpengaruh pada keuntungan, biasanya harus ada kepercayaan, perjanjian, atau verifikasi data terlebih dahulu untuk menerima reseller baru.

Jadi jika ingin aman, silahkan pilih yes pada approve new customers, sehingga jika ada customers yang mendaftar menjadi reseller bisa kita tinjau terlebih dahulu, untuk memutuskan menerima atau menolaknya.

Silahkan klik save di pojok kanan atas untuk menyimpannya.


Mengisi data customer groups reseller



2. Pengaturan Sistem Opencart

Setelah membuat customer group baru, ada satu langkah lagi agar pengunjung toko online kita bisa mendaftar sebagai reseller. Silahkan kunjungi System > Settings, klik tombol Edit pada toko online yang digunakan.




Pengaturan sistem opencart

Lalu pada tab Option cari bagian Account dan isian Customer Groups, pastikan centang customer group default (agar pengunjung web bisa mendaftar sebagai customer biasa), dan reseller (agar pengunjung web bisa mendaftar sebagai reseller). Silahkan klik tombol save untuk menyimpannya.





3. Pembuatan Akun Reseller

Selanjutnya saya akan mencontohkan bagian pendaftaran customer sebagai reseller, pada formulir yang ditampilkan di bawah ini terdapat pilihan customer groups yaitu default dan reseller. pilihan ini biasanya tidak akan muncul jika kita tidak melakukan langkah 4 sebelumnya.

Untuk menjadi reseller tentunya pengunjung harus memilih customer group berjenis reseller, dan mengisikan formulir lain yang dibutuhkan, setelah itu jangan lupa ceklist bagian privacy policy dan klik continue untuk membuat akun.


Pendaftaran reseller

Jika pendaftaran berhasil akan muncul pernyataan seperti gambar dibawah ini, dari pernyataannya menyampaikan bahwa customer harus menunggu persetujuan aktivasi akun dari pemilik toko onlinenya.


Pendaftaran reseller berhasil

Untuk merespon pendaftaran reseller baru yang sudah dilakukan diatas, maka admin harus mengunjungi menu Customers > Customer Approvals, silahkan klik tombol approve untuk mengaktifkan akun reseller.


Menyetujui pendaftaran reseller



4. Pembuatan Skema Diskon Khusus Reseller

Selanjutnya saya akan menunjukkan keuntungan menjadi customers reseller, yaitu bisa mendapatkan harga khusus yang bisa diatur oleh admin.

Untuk mencontohkan hal tersebut, saya akan mengedit data suatu produk, dengan mengunjungi Catalog > Product dan klik tombol Edit pada tabel daftar produk.


Edit data produk

Lalu saya mengatur data pada tab discount, dan menambahkan skema diskon dengan klik tombol tambah di pojok kanan bawah, lalu atur sesuai keinginan.

Pada pengaturan yang saya contohkan dibawah ini, saya mengatur agar hanya reseller saja yang dapat diskon sedangkan customer biasa (default) tidak mendapatkannya. Lalu jika reseller membeli 1 produk atau lebih maka harga akan menjadi Rp500.000 sedangkan jika customer membeli 5 atau lebih maka harga akan menjadi 400.000 dengan harga awal Rp1.000.000.

Setelah itu ada bagian priority dimana admin dapat menentukan diskon mana yang didahulukan, dan ada date start dan date end untuk menentukan tanggal mulai dan kapan tanggal berakhir diskonnya, admin dapat mengosongkan date start dan date end ini jika tidak dibutuhkan.

Silahkan save jika penentuan harga diskon sudah sesuai yang diinginkan.


Pengaturan skema diskon reseller



6. Percobaan Membeli Produk untuk Reseller

Sebagai bukti saya mencoba login menggunakan akun reseller yang sudah didaftarkan dan disetujui sebelumnya, dan hasilnya jika saya membeli dengan quantity 2 maka harga menjadi Rp500.000.


Skema diskon quantity 2

Lalu jika saya tambahkan quantitynya menjadi 5 maka harga menjadi Rp400.000.


Skema diskon quantity 5

Sampai disini kita sudah berhasil membuat mekanisme reseller menggunakan opencart, yang berarti tutorial ini pun sudah selesai. Jika anda masih kebingungan dengan penjelasannya dan ada bagian yang kurang mengerti silahkan bertanya di komentar ya.

Saya sengaja melewatkan beberapa bagian yang mungkin ada pada gambar screenshot untuk mengefisienkan artikel ini dan langsung membahas yang berkaitan dengan reseller saja. Oke, saya pamit sampai jumpa di tutorial opencart selanjutnya