Menu
Your Cart
4 Cara Memberikan Support Teknis Kepada Customer

4 Cara Memberikan Support Teknis Kepada Customer

4 Cara Memberikan Support Teknis Kepada Customer

Setiap perusahaan berusaha memberikan support teknis kepada customer mereka dengan baik. Hal ini bukan tanpa alasan karena kepuasan customer dapat meningkatkan penjualan. Bagi Anda yang pernah atau tengah menjalakan bisnis kecil, customer support sangat penting untuk mendapatkan customer yang loyal. Dan pada akhirnya mereka menjadi returning customer yang memberikan umpan balik positif berupa peningkatan penghasilan perusahaan.

Support teknis kepada customer yang dimaksudkan disini saya rinci pada bidang hardware atau software. Paling tidak begitulah niat awal artikel ini ditulis. Hehe.

Mengapa Harus Memberikan Support Teknis?

Terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan kenapa harus selalu ada customer service pada bisnis kecil sekalipun.

1. Membuat produk berfungsi dengan baik

Produk software/hardware yang Anda kembangkan dapat saja sangat reliable, fungsional, anti peluru ???? , dsb. Namun seorang customer yang tidak teliti membaca manual produknya dapat menghancurkan hal itu. Kesalahan pengguna seperti ini harus lah ditangani dengan bijak agar perusahaan kita memiliki kesan yang baik dimata customer.

2. Pengembangan Produk dari Feedback Customer

Sering kali pengembangan lanjut tentang produk harware/software yang kita buat diperoleh idenya dari customer. Karena memang pembuatan produk tersebut ditujukan kepada customer sebagai pengguna. Umpan balik yang positif dari customer akan sangat membantu dalam pengembangan produk dan layanan yang kita berikan. Namun tentu tidak semua feedback dari customer dapat kita adopsi. Kita tentu ingat, “average product for average people”.

3. Pertanggungjawaban kepada Customer

Interaksi yang baik dengan customer menurut saya adalah bentuk tanggungjawab. Terutama saat produk kita mengalami kegagalan fungsi karena suatu hal.

4. Deflek pada Produk

Bug pada perangkat lunak itu merupakan hal biasa. Meskipun para programmer telah berusahan dengan baik agar Dan ketika customer komplain terhadap hal tersebut maka itu saat dimana Anda harus bertanggungjawab. Nah!.

Namun meskipun terdapat bug dalam perangkat lunak kita, customer akan memaklumi jika itu bisa diperbaiki dengan cepat. Dengan support teknis yang siaga dan baik hati. Kesan itu akan menghilangkan kekecewaan customer terhadap produk kita. Bahkan dapat sebaliknya, meningkatkan kepercayaan atas produk.

Selanjutnya kita akan melihat bagaimana Anda dapat memberikan support teknis bagi customer.

1. Phone

Ini adalah salah satu metode layanan teknis yang paling utama dan dasar menurut saya. Karena hal ini dapat dijangkau oleh hampir semua orang. Bagi sebagian orang bertanya lewat telephone adalah pilihan terutama jika ia ingin kejelasan. Entah soal spesifikasi, harga, garansi, dll.

Pada kasus pengembangan perangkat lunak, support teknis lewat media ini jarang sekali terjadi. Banyak diantara customer yang lebih senang mengunakan media yang kedua, email.

2. Email

Media elektronik ini telah bannyak dikenal orang dan menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi sekarang ini. Kelebihan support menggunakan email adalah Anda tidak perlu lagi menyiapkan sistem untuk ini. Anda dan customer Anda tinggal menggunakan layanan email yang telah disediakan bagi yang gratis maupun berbayar.

Pembelian terhadap paket hosting tertentu biasanya memberikan kesempatan bagi Anda untuk membuat email dengan domain sendiri. Misal email support pada HalalPro Web Design adalah support@hpwebdesign.id.

Kelemahan dari penggunaan email adalah, Anda agak sulit untuk melakukan indexing terhadap support yang telah lampau jika Anda tidak rajin mendokumentasikannya. Karena susunan inbox email yang sedemikian rupa. Kemudian jika terdapat beberapa orang yang memberikan support akan sangat mudah untuk melakukan duplikasi support, dsb,

3. Social Media

Data dari kominfo, penggunaan social media di Indonesia adalah 63 juta orang. Dan 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial (kominfo.go.id, 2013). Hal ini jadi insight tersendiri bagi para pelaku usaha untuk memacu usahanya lewat social media. Dapat berupa promosi dan tentu saja support teknis. Sehingga banyak website yang mengintegrasikannya dengna social media.

4. Support Ticket

Ini adalah salah satu metode yang porwerfull. Jika Anda customer memiliki banyak customer atau Anda pandang akan memiliki banyak customer Anda harus sangat serius untuk mempertimbangankan hal ini. Multi support dapat dilakukan dengan baik dengan bantuan perangkat lunak untuk support ticket yang baik pula.

Pada beberapa platform seperti WordPress telah ada plugin freeware yang dapat digunakan untuk membuat sistem support ticket pada website. Pilihan lainya Anda dapat membuatnya sendiri atau membeli software tambahan.

Kesimpulan

Support teknis terhadap customer merupakan hal wajib bagi sebuah perusahaan atau pekerja perorangan. Customer support ini adalah channel untuk hak bagi customer dan kewajiban bagi produsen.

Terdapat beragam cara untuk melakukan support, tentu tidak ada satu metode yang terbaik. Namun satu sama lain melengkapi untuk membentuk sistem support teknis yang powerfull.

Demikian artikel, 4 Cara Memberikan Support Teknis Kepada Customer.
Semoga bermanfaat

featured image: http://spectrumoutsourcing.net/wp-content/uploads/2013/03/Customer-Support.jpg

Leave Your Comment